Sabtu, 17 Desember 2011

Mission Impossible: Ghost Protocol (2011)



teaser posters:

Director: Brad Bird
Writers: Josh Appelbaum, André Nemec, and 1 more credit »
Casts:
1. Tom Cruise as Ethan Hunt


2. Jeremy Renner as Agent Brandt


3. Paula Patton as Jane Carter


4. Simon Pegg as Benji Dunn


5. Michael Nyqvist as Hendricks


6. Vladimir Mashkov as Sidorov


7. Lea Seydoux as Sabine Moreau


8. Anil Kapoor as Brij Nath 

Runtime: 133 min
Genre: Action | Adventure | Thriller
Release Date: 6 December 2011 (Indonesia)

Sudah hampir 6 tahun kita harus menunggu kelanjutan dari salah satu franchise Mission Impossible ini. Untuk kesekian kalinya franchise ini selalu menampilkan adegan memorable yang mungkin akan selalu diingat beberapa tahun ke depan, yakni adegan memanjat gedung tertinggi Burj Khalifa di Dubai, Emirat Arab. Sekedar flashback... mungkin kita juga masih ingat dengan adegan-adegan MI pada film sebelumnya berikut ini:

adegan bergelantungan di MI (1996)


head to head sepeda motor di MI2 (2000)

atau kejar-kejaran di jembatan di MI-III (2006)

 Selain itu Tom Cruise sebagai aktor utama di keseluruhan filmnya seolah-olah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari franchise ini. Bahkan nampak narsis dan arogan pada setiap poster filmnya dari tahun ke tahun
 

Dalam Ghost Protocol, kali ini Ethan Hunt (Tom Cruise) diceritakan dituduh sebagai teroris yang menghancurkan Kremlin di Moskow, Rusia. Pemerintah AS akhirnya membubarkan Impossible Mission Force dan memberlakukan Ghost Protocol agar Ethan Hunt beserta rekannya tetap bisa menjalankan misinya secara "ilegal" untuk melacak dalang pengeboman Kremlin. Selanjutnya cerita berkembang menjadi terorisme yang memicu perang nuklir antara AS dan Rusia. Namun twist yang ditunggu-tunggu ternyata tak kunjung tiba, cerita berlangsung lempeng-lempeng aja. Untungnya alur yang cepat namun tidak buru-buru mau tak mau memaksa kita tetap bisa menikmati jalan ceritanya.

Action yang ditampilkan kali ini lebih dominan hand to hand combat sebagaimana yang telah menjadi trend sejak kehadiran trilogy Bourne dan Casino Royale-nya Daniel Craig. Dan Brad Bird yang pakar dalam pembuatan animasi, ternyata ahli juga mengolah ketegangan dalam adegan aksi. Aksi manjat-memanjat Burj Khalifah ternyata lebih impresif dan breathtaking, tidak seperti yang ditampilkan dalam trailer. Tentu saja hal ini telah melebihi ekspektasi saya, namun sayang adegan klimaks pertarungan di gedung parkir, Mumbai, India terasa datar dan biasa-biasa saja.

Satu lagi kelemahan film ini adalah kurang pendalaman masing-masing karakter, untungnya hal ini bisa ditutupi dengan story telling yang bagus dan adegan aksi yang menegangkan. Keterlibatan Simon Pegg sebagai Benji Dunn yang komikal menjadi suatu hal yang baru dalam franchise ini. Jeremy Reinner sebagai agent Brandt yang kemungkinan besar bakal diplot sebagai the next Ethan Hunt juga diberikan porsi action yang lumayan besar. Aksi Paula Patton sebagai Agent Jane Carter juga memikat dengan tampilan yang feminim namun tetap tangguh.

Overall: entertaining for the breathtaking action


Kremlin, Moskow, Russia

Dalam Ghost Protocol, gedung yang digunakan sebagai pusat pemerintahan Rusia ini diceritakan hancur karena pengeboman oleh teroris.
Moskow merupakan ibu kota Kerajaan Rusia di bawah pimpinan Ivan the Great pada abad ke–15. Moskow kehilangan statusnya sebagai ibu kota saat Peter the Great memindahkannya ke Saint Petersburg pada 1721.

Meski demikian, Moskow tetap dilanjutkan sebagai pusat kebudayaan dan industri. Kebesaran Moskow sebagai pusat pemerintahan Uni Soviet kembali pada 1918, dalam pemerintahan Lenin.Beberapa tempat di Kremlin terbuka untuk umum dan banyak dikunjungi wisatawan. Karena Kremlin juga merupakan pusat pemerintahan, terkadang sejumlah tempat wisatawan itu ditutup untuk umum tanpa pemberitahuan sebelumnya.


Sejumlah tempat yang sering dikunjungi antara lain Museum Armory yang merupakan museum tertua di Rusia. Koleksinya begitu menakjubkan, seperti perhiasan, senjata, dan harta benda kekayaan kerajaan. Dulunya Armory adalah ruangan yang dibangun pada zaman Tsar Nicholas I tahun 1840 untuk menyimpan koleksi Kremlin yang meningkat, terdiri dari perhiasan, pakaian bersulam, jubah kenegaraan/resmi, senjata, barang–barang dari email, dan patung atau gambar orang suci.
Katedral yang ada di Kremlin juga sayang untuk dilewatkan. Dari luar memang tampak tidak menarik, hanya bangunan dengan cat putih yang di atasnya terdapat kubah seperti kubah masjid berwarna kuning emas. Tetapi masuklah ke katedral, seluruh dindingnya penuh lukisan indah. Sungguh memesona.

Koleksi lain yang ada di sini adalah Meriam Kaisar yang merupakan meriam tertua dan terbesar di dunia. Lalu ada Bel Kaisar yang diletakkan di lantai yang sebagian pecah. Pemandu biasanya menyarankan pengunjung untuk menyentuh bel ini dan berdoa, karena bel ini dianggap bisa memberikan keberuntungan.
Lapangan Merah dengan panjang 695 meter dan lebar 130 meter itu terkenal sebagai tempat parade militer dan perayaan lainnya. Kata 'merah' bukan dari sekitar benteng yang dominan merah atau lambang komunis. Tetapi 'merah' dalam bahasa Rusia juga mengacu pada arti indah. Setiap gedung di Lapangan Merah punya legendanya sendiri. Di sini ada Kuburan Lenin, persis di depan benteng Kremlin, Katedral Saint Basil yang terkenal dengan keindahannya, pusat perbelanjaan GUM, serta Museum Sejarah. Keindahan yang mencolok dari Lapangan Merah adalah Katedral Saint Basil. Menara–menara katedral ini memiliki karakteristik unik dengan warna–warna atraktif.
sumber: gayahidup.inilah.com, wikipedia

Burj Khalifa

Burj Khalifa (bahasa Arab untuk 'Menara Khalifa'), sebelumnya bernama Burj Dubai, adalah sebuah pencakar langit di Dubai, Uni Emirat Arab yang diresmikan pembukaannya pada 4 Januari 2010. Ketinggian pencakar langit ini adalah 828 meter (2.717 kaki). The tower's architecture and engineering were performed by Skidmore, Owings and Merrill of Chicago, with Adrian Smith as chief architect, and Bill Baker as chief structural engineer. The primary contractor was Samsung C&T of South Korea.

Disinilah adegan paling menegangkan itu terjadi, Ethan Hunt memanjat gedung tertinggi di dunia. Konon katanya Tom Cruise benar-benar melakukan adegan stunt tersebut sendiri tanpa special efek.


Burj Khalifa adalah bangunan tertinggi di dunia yang pernah dibuat oleh manusia. Dimulai dari melewati ketinggian Taipei 101 sebagai bangunan tertinggi di dunia pada 21 Juli 2007. Pada tanggal 12 September 2007, Burj Khalifa berhasil melewati ketinggian CN Tower sebagai struktur bebas (tanpa penyangga) tertinggi di dunia dan pada tanggal 7 April 2008 struktur tertinggi di dunia dari Menara KVLY-TV yang berada di Blanchard, North Dakota, Amerika Serikat berhasil dilewati. Struktur tertinggi yang pernah dibuat oleh manusia, Menara Radio Warsawa 645,4 m (2.120 kaki) dibuat pada 1974 (namun runtuh pada saat renovasi pada 1991) berhasil dilewati pada 1 September 2008.

Menara ini mempunyai lift tercepat dengan kecepatan 60 km/jam atau 16.7 m/s. Bangunan dengan paling banyak lantai: 160 (sebelumnya Menara Willis dan World Trade Center - 110 lantai). Berikut ini adalah rekor-rekor lain dari Burj Khalifa

  • Tallest skyscraper (to top of spire): 829.84 m (2,723 ft) (previously Taipei 101 – 509.2 m/1,671 ft)
  • Tallest skyscraper to top of antenna: 829.84 m (2,723 ft) (previously the Willis Tower – 527 m/1,729 ft)
  • Tallest structure ever built: 829.84 m (2,723 ft) (previously Warsaw radio mast – 646.38 m/2,121 ft)
  • Tallest extant structure: 829.84 m (2,723 ft) (previously KVLY-TV mast – 628.8 m/2,063 ft)
  • Tallest freestanding structure: 829.84 m (2,723 ft) (previously CN Tower – 553.3 m/1,815 ft)
  • Building with most floors: 160 (previously Willis Tower – 108)
  • Building with world's highest occupied floor: 160th floor
  • World's highest elevator installation (situated inside a rod at the very top of the building)
  • World's fastest elevators: 64 km/h (40 mph) or 18 m/s (59 ft/s) (previously Taipei 101 – 16.83 m/s)
  • Highest vertical concrete pumping (for a building): 606 m (1,988 ft)[24] (previously Taipei 101 – 449.2 m/1,474 ft)
  • First world's tallest structure in history to include residential space
  • World's highest outdoor observation deck: 124th floor at 452 m (1,483 ft)
  • World's highest installation of an aluminium and glass facade: 512 m (1,680 ft)
  • World's highest nightclub: 144th floor
  • World's highest restaurant (At.mosphere): 122nd floor at 442 m (1,450 ft) (previously 360, at a height of 350 m/1,148 ft in CN Tower)
  • World's highest New Year display of fireworks.
  • World's second highest swimming pool: 76th floor (world's highest swimming pool is located on 108th floor of Ritz-Carlton Hotel at International Commerce Centre, Hong-Kong).
sumber: wikipedia

IMF
(Impossible Mission Force)
IMF adalah organisasi agen espionage fiksional milik Amerika Serikat yang terkenal lewat serial TV Mission Impossible pada tahun 1966-1973. Disinilah Agent Ethan Hunt (Tom Cruise) dan kawan-kawan bekerja melakukan misi-misi yang 'tidak mungkin' untuk menumpas terorisme dan kejahatan internasional lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar