Senin, 19 Desember 2011

Happy Feet Two (2011)


Director: George Miller
Writers: George Miller, Gary Eck
Voices: Elijah Wood, Robin Williams and Pink

Runtime: 100 mins
Genre: Animation | Comedy | Family
Release Date: 9 December 2011 (Indonesia)

Pada tahun 2006, Warner Bros pernah meluncurkan sebuah film animasi musical tentang penguin jenis  emperor yang hidup di Antartika berjudul Happy Feet.
Happy Feet (2006)
Setelah 5 tahun lamannya, akhirnya muncul juga sequelnya yang diberi judul Happy Feet Two. Dalam film ini Mumble (Elijah Wood) yang merupakan tokoh utama di film pertama diceritakan telah memiliki anak bernama Erik (diisi suara oleh seorang gadis cilik 'Ava Acres') hasil perkawinannya dengan Gloria (Alecia Moore 'P!nk'). Mengulang kisah ayahnya, Erik juga mengalami krisis kepercayaan diri karena tidak bisa menari bahkan mengalami hal yang sangat memalukan pada saat melakukan tarian perdananya di hadapan khalayak penguin. Sebagai ayah yang baik, dan merasa pernah berada di posisi yang sama, Mumble berusaha agar Erik memahami bahwa setiap makhluk adalah berbeda dan memiliki kelebihannya masing-masing.

Akhirnya Erik dan dua sahabatnya, Boadicia (Meibh Campbell) dan Atticus (Lil P-Nut), minggat dengan mengikuti perjalanan Ramon (Robin Williams) ke Adélie-Land. Di sanalah Erik bertemu dengan The Mighty Sven (Hank Azaria), seekor burung yang mengaku sebagai penguin yang begitu dipuja oleh seisi penguin di yang tinggal di Adélie-Land karena memiliki kemampuan untuk terbang. Erik begitu memuja The Mighty Sven yang dinilainya begitu kharismatik dan berniat untuk mempelajari cara untuk dapat terbang – suatu hal irrasional yang bisa dilakukan oleh seekor penguin. Mumble yang khawatir karena kepergian anaknya, pergi menjemput Erik dkk di Adélie-Land.

Kisah utama dimulai saat Mumble dan ketiga penguin cilik pulang menuju Emperor Land, bencana besar telah terjadi yang mengakibatkan penguin penduduk Emperor Land terjebak tanpa jalan keluar dan terancam kelaparan. Hanya Mumble dan trio penguin cilik itulah yang bisa menyelamatkan hidup seluruh penguin Emperor Land.

The Character
1. Mumble
Mumble (Elijah Wood)
Mumble lahir dari pasangan Norma Jean dan Memphis (Happy Feet, 2006), yang terlahir untuk tidak pandai menyanyi, namun punya kelebihan lain menari tap-dance.Bersama Gloria, dia memiliki seorang anak bernama Erik. Mumble adalah jenis penguin emperor.

Penguin Emperor memiliki tinggi 115 cm (45 inci) dan berat 35 - 40 kilogram (77-88 pon) dan merupakan tertinggi dan terberat dari semua spesies penguin hidup. Ini adalah satu-satunya penguin yang melahirkan selama musim dingin di Antartika. Penguin Emperor biasanya hidup selama 20 tahun, namun, beberapa catatan menunjukkan rentang umur maksimum sekitar 40 tahun. Penguin Kaisar memiliki kepala besar, leher yang pendek, tebal, bentuk ramping, pendek, berbentuk baji ekor dan kecil, sirip seperti sayap. Baik pria dan wanita yang sama, dengan biru-abu-abu kehitaman bagian atas dan kepala biru dihiasi dengan bercak telinga putih dan kuning. Bagian bawah mereka sebagian besar putih tapi dengan payudara atas menunjukkan kuning pucat. Bentuk tubuh mereka membantu mereka untuk bertahan hidup. Penguin Emperor punya sayap pendek yang membantu mereka untuk menyelam hingga 900 kaki untuk menangkap ikan yang lebih besar.

Emperor Penguin
Penguin Kaisar bisa berenang 10 - 15 kilometer per jam yang memungkinkan mereka melarikan diri musuh utama mereka, leopard seal. Penguin Kaisar bisa tetap hangat karena mereka memiliki lapisan tebal di bawah bulu luar dan lapisan lemak. Lapisan udara perangkap bulu bulu yang membuat panas tubuh dalam dan udara dingin dan air keluar. Penguin Kaisar juga memiliki sejumlah besar minyak tubuh yang membantu dalam menjaga mereka kering di dalam air.

Tidak seperti penguin paling banyak, yang makan di permukaan krill, penguin kaisar hidup dengan memakan ikan, cumi-cumi dan krustasea. Penguin Kaisar adalah hewan sosial, baik mencari makan dan bersarang dalam kelompok. Dalam cuaca parah penguin berkerumun bersama-sama untuk perlindungan. Mereka mungkin menjadi hari aktif atau malam hari. Penguin kaisar membangun koloni pada bongkahan es yang mengelilingi benua Antartika. Pada bulan Mei, Emperor betina akan meletakkan telur tunggal setelah periode kehamilan 63 hari, dan kemudian akan mengoper telur ke pasangannya sementara dia pergi ke laut untuk memberi makan.

Sedangkan pejantan tidak akan bisa untuk makan selama periode 9 minggu berikutnya selama masa inkubasi. Sebaliknya, ia harus menjaga telurnya hangat dengan menyeimbangkan pada kakinya, di mana ia diisolasi oleh gulungan tebal kulit dan bulu disebut 'brood pouch'. Di alam liar, predator utama Penguin adalah petrels antartica (Macronectes giganteus), Leopard segel, orca, skua, dan hiu.

2. Erik
Erik
Erik adalah penguin jenis Emperor anak dari Gloria dan Mumble

3. Boadicea
Boadicea
Boadicea (Bo) adalah penguin jenis Emperor anak dari Mrs, Viola yang bersama Atticus menemani Erik menuju Adelie Land.

4. Atticus
Atticus
Boadicea adalah penguin jenis Emperor anak dari Seymour yang bersama Boadicea menemani Erik menuju Adelie Land. Sama seperti ayahnya, Atticus memiliki tubuh yang gembul.

5.Sven
Mighty Sven (Hank Azaria)
Sven adalah burung Puffin, yang dikira seekor penguin. Dia diidolakan oleh semua penguin Adelie. Bertemu dengan Lovelace ketika ia tertangkap di sebuah tumpahan minyak di Kutub Utara.dan direhabilitasi oleh manusia. Sebuah peristiwa membuatnya takut pada mansia, sehingga membuatnya kabur dan terdampar di Adelie Land.

Sven adalah Puffin, mungkin dari sebuah koloni Timur Atlantik Utara. Dia memiliki paruh berwarna pelangi, yang tidak biasa untuk sebuah Puffin. Dia juga memiliki dua jumbai di belakang kepalanya, yang biasanya termasuk yang dari Makaroni atau Rockhopper pinguin, mungkin untuk cocok dengan penguin dan menjadi modal untuk mengelabui bahwa dia adalah seekor penguin juga.
Dia adalah burung, cukup egois, genit, banyak bicarai, dan menyebabkan Erik percaya bahwa Sven adalah penguin dan bahwa dia bisa terbang juga. Pada kenyataannya The Atlantic Puffin (Fratercula Arctica) adalah salah satu dari empat jenis Puffin dan burung laut pelagis. Hal ini diakui oleh paruhnya berwarna cerah bulat dan penampilan yang mirip dengan seekor penguin. Juga dikenal sebagai 'Puffin umum', itu adalah spesies Puffin-satunya yang ditemukan di Samudra Atlantik.
Burung Puffin

Sangat sedikit orang akan melihat mereka di alam liar. Alasan kurangnya visibilitas adalah karena fakta bahwa ada sangat sedikit tempat di Inggris di mana Anda dapat melihat puffins dari daratan karena kerentanan mereka dari tanah berdasarkan mamalia, terutama tikus. Puffin Atlantik memiliki panjang 28-34 cm, dengan 50 - 60 sentimeter lebar sayap. The Puffin laki-laki sedikit lebih besar dari Puffin perempuan, namun mereka berwarna sama. The Atlantic Puffin biasanya berwarna hitam di atas dan putih di bawahnya, dengan abu-abu untuk pipi, putih dan merah-oranye untuk kaki.

Puffins Atlantik sebagian besar memakan ikan kecil seperti ikan herring dan khususnya pasir-belut, yang merupakan salah satu sumber makanan yang paling penting bagi banyak burung laut dunia. Karena paruh mereka khusus, Puffins Atlantik menggunakan liang di tebing berumput untuk bersarang. 

6.Gloria
Gloria (Alecia Moore 'P!nk)
Gloria adalah penguin jenis Emperor yang mempunyai suara paling merdu diantara koloninya. Dia merupakan pasangan dari Mumble. Dalam Happy Feet Two, Gloria diisisuarakan oleh Pink yang melantunkan lagu Bridge of Light dengan sangat sempurna. Terngiang-ngiang terus euy!

7.Ramon
Ramon (Robin WIlliams)
Ramon adalah pemimpin tidak resmi dari Adelie Amigos dan yang paling lebay. Dia memiliki perut yang benar-benar gemuk dan mungkin karena overeate. Dia sangat kasar dan nakal, dan suka menari dan pesta. Ramón adalah teman baik dari Mumble. Dia dan para Amigos lainnya terpesona oleh keterampilan menari tap Mumble. Ramón tampaknya memiliki trauma acrophobia/batophobia (sindrom takut ketinggian/jatuh) dan ini ditunjukkan dalam kedua film. Ia jatuh cinta dengan Carmen di Happy Feet Two, dan pada akhirnya bisa mengatasi rasa takutnya ketinggian ketika dia harus melompat dari tebing untuk bertemu dengan Carmen. Pada akhir film, Carmen dan Ramon adalah pasangan.

Ramon adalah penguin jenis Adelie. Adelie Penguin (Pygoscelis adeliae) hampir sama dengan Penguin Emperor, salah satu dari dua jenis penguin yang hanya hidup di daratan Antartika. Spesies ini umumnya berada di sepanjang pantai Antartika dan seluruh pulau-pulau terdekat. Penguin Adelie adalaha penguin terkecil dari penguin yang hidup di benua Antartika. Nama Adelie berasal dari istri seorang penjelajah Perancis di tahun 1830-an.
Adelie Penguin

Penguin Adelie bersarang dan berkembang biak di daerah pantai berbatu dalam koloni besar mencapai sepuluh ribu burung. Penguin Adelie meimiliki tinggi 60 sampai 70 cm dan berat sekitar 4 kilogram. Tanda khas adalah cincin putih di sekitar mata. Ekor mereka sedikit lebih panjang dari ekor penguin lainnya. Penguin Adelie sangat tergantung pada krustasea, seperti krill. Ikan dan amphipods juga dapat menjadi makanan umum selama musim-musim tertentu.

8.Lovelace
Lovelace (Robin WIlliams)
Lovelace adalah karakter dalam Happy Feet yang diisuarakan oleh Robin Williams, yang juga menyuarakan Ramon. Dia adalah penguin jenis Crested yang gemuk. Lovelace menganggap dirinya sebagai seorang guru. Banyak penguin datang kepadanya untuk mendapatkan jawaban atas permasalahan hidup, untuk imbalannya penguin2 tersebut harus memberinya Lovestones.

Penguin Crested adalah penguin dari Selandia Baru. Ciri khasnya adalah berukuran sedang, jambul kuning, berwarna hitam-putih, dan tinggi sekitar 60cm.
Crested Penguin

9.Noah The Elder
Noah The Elder (Hugo Weaving)
Noah The Elder adalah penguin jenis Emperor yang merupakan patriatik tertua dari Emperor Land, yang selalu berusaha mengayomi komunitas tercinta bersama-sama melewati masa-masa yang semakin sulit. Dia sering terlihat berdiri di sebuah gunung salju, selalu berusaha untuk menjaga penguin lainnya tenang dan terkendali.

10.Mrs. Viola
Mrs. Viola
Mrs. Viola adalah ibu dari Boadecia, dan sekaligus guru pada komunitas Emperor Land.

11.Seymour
Seymour
Seymour adalah seekor penguin Emperor dengan anaknya Atticus.

12.Bryan The Beachmaster
Bryan The Beachmaster
Bryan adalah seekor Seal Elephant yang pernah ditolong oleh Mumble karena terjebak dalam jurang es. Pada akhirnya Bryan membalas jasa Mumble dengan memberikan pertolongan pada komunitas penguin di Emperor Land.

Dalam kehidupan nyata sda dua jenis Seal Elephant. Mereka adalah satu-satunya anggota genus 'Mirounga' keluarga 'Phocidae'. Mirounga angustirostris (Gajah Utara) dan Mirounga Leonina (Gajah Selatan) keduanya diburu hingga hampir punah pada akhir abad kesembilan belas. Seal Elephant Utara, agak lebih kecil dari selatan, terdapat di atas pantai Pasifik Amerika Serikat dan Meksiko, sementara Seal Elephant Selatan ditemukan di belahan bumi selatan di pulau-pulau seperti Georgia Selatan, Macquarie Island dan di pantai Selandia Baru , Afrika Selatan dan Argentina di Semenanjung Valdés.

Seal Elephant
Seal Elephant memiliki ciri tubuh yang sangat besar dan memiliki hidung dengan batang seperti belalai kecil.  Seal Elephant adalah perenang yang kuat dan dapat beradaptasi dengan kehidupan air. Seal Elephant dapat hidup soliter di laut, tetapi menjadi sangat sosial di pantai. Gajah laut menghabiskan jumlah waktu yang tidak biasa di laut, mencapai 80% dari hidup mereka. Gajah laut dapat menahan nafas mereka selama lebih dari 80 menit, lebih lama daripada mamalia non-Cetacea lain. Gajah laut juga memiliki kemampuan untuk menyelam hingga 1500 meter di bawah permukaan laut. Kedalaman rata-rata penyelaman mereka adalah sekitar 300 sampai 600 meter.

13.Carmen
Carmen
Carmen adalah penguin Adelie Land yang merupakan love interest dari Ramon.

14.The Skuas
The Skuas
Para Skuas di Happy Feet Two meruapakan musuh bebuyutan para penguin. Dalam kenyataanya demikian. Burung laut agresif ini kadang-kadang disebut juga sebagai burung bajak laut. Sesuai dengan namanya, burung skuas mencuri banyak makanan dari burung lain dan membawanya kesarang mereka. Skuas akan menyerang burung lain yang sedang terbang membawa makanan di udara dan memaksa korban untuk menjatuhkan makanannya bahkan ada juga yang membunuh korban pada saat penyerangan. Skuas Arktik termasuk dalam Burung-burung petualang yang dimana, kadang-kadang membentuk tim untuk menyergap korban dan memburu musuh-musuh mereka terutama Penguin.
Burung Skua
Di Amerika Utara, skuas Arktik dikenal sebagai jaegers parasit. "Kleptoparasitism" adalah istilah untuk mencuri makanan dari spesies lain, sementara "Jaeger" berasal dari Jerman "pemburu."

Burung Skuas Arktik menjalani sebagian besar hidup mereka di laut. Mereka singgah ke darat hanya untuk berkembang biak di musim panas Arktik. Setelah Skuas muda meninggalkan sarang, mereka akan kembali lagi kurang lebih selama dua tahun untuk kembali berkembang biak. Skuas Arktik merupakan kumpulan besar yang setiap tahunnya bermigrasi ke musim dingin di belahan bumi selatan.

15.Bill & Will The Krill
Will (Brad Pitt) & Bill (Matt Damon) The Krill
Bill & Will The Krill adalah tokoh utama dari suplemen cerita di Happy Feet Two. Mereka sengaja melepaskan diri dari koloni dan mengalami petualangan yang mengakibatkan mereka sering berdebat dan melontarkan kata-kata komikal.

Kril adalah crustacea seperti udang yang dapat ditemui di semua samudera dunia. Mereka dimakan oleh banyak binatang, termasuk burung, paus, cumi-cumi dan hiu paus. Mereka biasanya ditemukan pada grup besar, dengan lebih dari 10.000 krill per meter kubik.Kril adalah hewan kecil yang mempunyai ukurannya 8 mm sampai 60 mm, kril sendiri terdapat di seluruh lautan yang ada di bumi ini. Hewan ini termasuk filum Antropoda, kelas Crustacea, ordo Euphausiacea dan jenis hewan kril ini terdapat lebih dari 90 spesies diseluruh dunia.
Krill
Tubuh kril penuh dengan bintik-bintik coklat kemerahan dan hampir transparan, bila ribuan kril terperangkap kedalam jala maka akan terlihat berwarna kemerahan.Kril hidup dilautan terbuka dalam jumlah yang besar. Samudra Arktik dan Antartika dapat mengandung 20 kg kril dalam setiap M3. Kril memakan tumbuhan dan hewan mikroskopik, termasuk kerang muda. Sebaliknya kril merupakan makanan dari hewan laut lain, seperti ikan, penguin dan juga burung laut. Ikan Paus besar menyaring kril dari air untuk makanannya.
Kril baik dimakan karena banyak mengandung protein dan juga vitamin A. Beberapa tahun belakangan ini kril ditangkap dalam jumlah yang sangat besar dan para ahli biologi khawatir bahwa kril yang terlalu banyak ditangkap. Ini dapat mengakibatkan dampak yang serius pada hewan laut lain, termasuk paus yang populasinya sangat sedikit.

The Soundtracks
Salah satu nilai lebih dari film ini adalah lagu-lagu yang dikumandangkan di setiap adegan film. Denagn kualitas suara penyanyi yang tidak diragukan lagi, kualitas musikalitas film ini pun tidak perlu dipertanyakan lagi. Sebuah lagu yang dibawakan oleh Gloria (dalam hal ini Pink) berjudul Bridge of Light menjadi salah satu lagu favorit Saya.

P!nk - Bridge of Light

When you think
Hope is lost
And giving up
Is all you got,
Blue turns black,
Your confidence is cracked,
There seems no turning back from here

Sometimes there isn't an obvious explanation
While the holiest stars can feel the strongest palpitations

That's when you can build a bridge of light,
That's what turns the wrong so right
That's when you can't give up the fight

That's when love turns nighttime into day,
That's when loneliness goes away,
That's when you gotta be strong tonight,
Only love can build us a bridge of light

On your feet, I made a storm
You're convinced that you're all alone
Look at the stars, it's straight up the dark
You'll find your heart shines like the sun
Let's not let their anger get us lost
And the need to be right cause us way too high costs

That's when love can build a bridge of light
That's what turns the wrong so right
That's when you know it's worth the fight

That's when love turns nighttime into day
That's when loneliness goes away,
That's when you gotta be strong tonight
'cause only love can build us a bridge of light

Deep breath, take it on the chin
But don't forget to let the love back in

That's when love can build a bridge of light
That's what turns the wrong so right
That's when you can't give up the fight

That's when love turns nighttime into day,
That's when loneliness goes away
That's when you gotta be strong tonight
'cause only love can build us a bridge of light

Only love can build us a bridge of light...

Happy Feet Two Complete Soundtrack Song List
Music by Various artists
cover album
1. Do Your Thing (P!nk / Common / Benjamin ‘Lil P-Nut’ Flores, Jr. / Happy Feet Two Chorus)
2. The Mighty Sven (Robin Williams / Happy Feet Two Chorus / Hank Azaria)
3. Bridge Of Light (P!nk / Happy Feet Two Chorus)
4. Papa Oom Mow Mow (Happy Feet Two Chorus)
5. Dragostea Din Tei (Hank Azaria, Happy Feet Two Chorus)
6. Erik’s Opera (Omar Crook / EG Daily)
7. Rawhide (Elephant Seal Chorus)
8. Rhythm Nation (P!nk / Happy Feet Two Chorus)
9. Tightrope Ice Cold Mix (Janelle Monáe / Benjamin ‘Lil P-Nut’ Flores, Jr. / Happy Feet Two Chorus)
10. In The Hole
11. Ramon And The Krill
12. Lovelace Preshow – Featuring Judith Hill
13. Searching For The Kids
14. The Doomberg Lands
15. I Don’t Back Up
16. Trapped In Emperor Land
17. Skua Attack/Adelie Rescue
18. Dinner A La Sven
19. We Are The Champions
20. Snow Stops Play – featuring Steven Pence
21. No Fly Zone
22. Krill Joy
23. Tappin’ To Freedom

Full soundtracks can be download in here


Secara keseluruhan cerita Happy Feet Two lumayan tersusun secara apik, pada awalnya kita diberikan pengenalan dengan sebuah konflik kecil antara ayah dan anak... dan dalam perjalanannya cerita berkembang dengan mulus berubah massive dan menjadi kisah disaster. Namun jika kita menilik ulang Happy Feet (2006), hal ini merupakan repetisi yang bisa jadi membosankan bagi beberapa orang. Penguin-penguin lucu juga mungkin hanya menarik bagi anak-anak. Untungnya masih ada upaya untuk menjaga tempo cerita dengan ditampilkannya suplemen cerita dari duo udang Bill (Matt Damon) & Will The Krill (Brad Pitt) yang menurut Saya jauh lebih menarik dari kisah utama. Dialog-dialog diantara Bill & Will terasa sangat komikal dan humornya cocok bagi penonton dewasa.

Jika bosan dengan ceritanya, setidaknya kita masih terhibur dengan visual yang begitu fotogenik dan indah, apalagi pemandangan dalam lautnya sangat terasa jika dinikmati dalam format 3D. Sebagai sebuah film musikal, Happy Feet Two berhasil menyuguhkan track list yang sesuai untuk setiap adegannya dan sekali lagi berhasil membawa kesuksesan prequelnya, scoring dari John Powell juga menjadi nilai tambah dalam setiap adegan.

Overall: Happy Feet Two hanyalah film dengan tema keluarga yang biasa-biasa saja, dengan visual & musikal yang menghibur.


sumber: animalcorner, happyfeet.wikia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar