Minggu, 02 Februari 2014

2013 in Review: Best Movies of The Year

15 Best Movie of 2013




List ini hanya bersifat personal, dan dapat dipastikan punya penilaian yang sangat subjektif dari penulis. If you don't agree, just make your own list. Tanpa basa-basi lagi, here the countdown..


15. Fast and Furious 6 aka. Furious 6


Masih dipenuhi dengan adegan car chasing yang senada dengan instalmen sebelumnya. Tapi sekuel yang satu ini memberikan action highlight yang lebih eksplosif dan kreatif, khususnya tank showdown di jalan bebas hambatan. Dan tak lupa fighting scene dan peran Joe Taslim yang punya porsi lumayan menonjol, menjadikan kita sebagai warga Indonesia lumayan bangga.





14. The World's End

Satu lagi komedi aneh yang melengkapi trilogi three flavours of cornetto bikinan Edgar Wright. Dengan konsep yang berbeda dengan komedi lainnya, World’s End hadir dengan awkward moments yang sengaja diusung untuk menghadirkan tawa. Tentu saja lawakan seperti ini punya segmentasi terbatas.





13. The Hobbit: The Desolation of Smaug


Tak jauh beda dengan franchise Middle Earth lain garapan Peter jackson, seri kedua dari The Hobbit ini juga menghadirkan desain teknis menawan, full special effect dan CGI. Lebih kerennya lagi, penulis skrip Fran Walsh, Philippa Boyens dan Guilermo del Toro berhasil memasukkan unsur non-novel ke dalam cerita sehingga seakan-akan memberikan konsistensi dan kesinambungan dengan trilogi TLOTR.





12. New World aka. 신세계


Mungkin sudah banyak film dengan tema gangster di sinema Korea, tapi yang satu ini punya kelebihan pada intrik dan plot dengan ending yang tidak lazim. Ceritanya mungkin mirip dengan Infernal Affairs, namun digarap dengan citarasa Korea Utara.



11. Miracle in Cell No.7 aka. 7번방의 선물


Tearjerker yang satu ini dipenuhi dengan dramatisasi plot, dialog dan adegan-adegan yang membuat penonton benar-benar sulit mempertahankan emosi. Tapi tidak dengan membuat karakter-karakternya merengek-rengek di layar demi membuat penonton terhanyut, layaknya film-film Indonesia. Plotnya mungkin predictable, tapi racikan sutradaranya menjadikan Miracle sebagai tearjerker yang mengaduk-aduk perasaan penonton. Didukung pula dengan akting apik nan imut artis cilik Kal So-won, it’s a perfection..

10. The Hunger Games: Catching Fire


Best movie based on teen lite novel ever made. Mungkin julukan itu patut Saya berikan pada film ini. Kisah romantisme ala remaja yang ada di film ini jelas memiliki bobot lebih bermutu dibanding film-film sejenis. Konflik percintaan segitiga yang dihadirkan merupakan benang merah pada plot utama yang tidak dapat dipungkiri. Didukung pula oleh ensemble cast yang luar biasa, khususnya Jennifer Lawrence dan Elizabeth Banks (as Effie Trinket).



09. Prisoners


Kekuatan utama film ini adalah akting dan chemistry yang dibangun oleh masing-masing pemerannya, hingga berhasil menggugah empati penonton. Dipenuhi dengan dialog-dialog penting dan berkualitas sepanjang film, menjadikan dua setengah jam durasinya tidak membosankan.



08. Man of Steel


Berbeda dari versi-versi film layar lebar sebelumnya, Man of Steel adalah sebuah origin reboot yang membangun karakter Superman lebih logis dan manusiawi. Dilengkapi dengan adegan-adegan action CGI yang over destructive, sekaligus menjadi adegan yang ditunggu-tunggu banyak penonton setelah drama serius yang penuh dengan ungkapan dan metafora.




07. This is the End


Komedi aneh bertema apocalypse ini didukung oleh puluhan cameo artis-artis Hollywood lengkap dengan gimmick dan trivia film-film mereka. Dengan sedikit sentuhan religi pada bagian konklusinya, menjadikan This is the End konyol sekaligus nyeleneh, but I love it so much..


06. Star Trek Into Darkness


Masih berlanjut dari seri sebelumnya, Into Darkness tidak perlu lagi bertele-tele memperkenalkan satu-satu karakternya. Adegan-adegannya penuh dengan spesial efek yang memanjakan mata. Memberikan tribute pada original concept-nya yang klasik, dan digarap dengan detail oleh JJ Abrams. Plot yang dirancang oleh penulis naskahnya dilakukan dengan kecermatan tinggi, hingga tidak lupa memberikan sentuhan konsistensi alternate universe yang sudah dimulai di seri sebelumnya . It’s definitely most blockbuster movie of summer 2013..




05. Trance


Film garapan sineas Inggris Danny Boyle ini punya caranya sendiri untuk bercerita. Tidak ada pakem genre dalam film ini, semuanya dihadirkan dengan surprise-surprise tersendiri sebagaimana multi-twist pada plot ceritanya.


04. Captain Phillips


Satu hal yang membuat film ini spesial adalah, peran hijackers yang dibawakan oleh orang-orang asli Somalia. Mereka seakan-akan tidak berakting dalam perannya, it’s so natural... Selain itu tentu saja ada Tom Hanks yang berperan tidak seperti biasanya, menjadi kapten kapal yang tegar namun berhasil memberikan emotional turnover dipenghujung filmnya.


03. 12 Years a Slave


Drama dengan tema slavery yang sangat menyentuh, dan didukung oleh aktor-aktor yang pandai berakting. Bahkan saking meyakinkanya, akting Chiwetel Ejiofor mampu membuat penonton merasa iba atas derita yang dialaminya. Penuh emosi dan disajikan dalam set yang otentik di era perang sipil Amerika. Probably won best motion picture of the year at Oscar.

02. Gravity


Di dalam kesederhanaan ceritanya, Gravity bukan sekedar film sci-fi biasa. Punya aspek thrill yang luar biasa, yang bisa memberikan momentum psikologis kepada penontonnya. Bahkan saya pun harus ikut menahan nafas ketika Dr. Ryan Stone kehabisan oksigen di luar angkasa. Hampir keseluruhan film digarap dalam zero gravity dengan shoot panjang yang mencengangkan. Difilmkan secara digital di studio dengan production design berikut efek dan 3D yang menjadikan Gravity sebagai film 3D terbaik tahun ini. Tema outer space claustrophobia ini disajikan dalam tampilan sinematografi indah namun penuh suspense.


01. Rush



Daniel Brühl dan Chriss Hemsworth berhasil memerankan dua tokoh ikonik dunia balapan Formula One, Niki Lauda dan James Hunt dengan sempurna. Rivalitas keduanya dituangkan dalam film yang menyuguhkan keseruan balapan F1 ini, lengkap dengan konflik internal masing-masing tokohnya. Casting pemainnya yang sempurna, serta dukungan teknis yang melengkapinya menjadikan film ini luar biasa. Keseriusan dapat dilihat pada set produksi yang didisain vintage, mulai dengan replika mobil dan wardrobe-nya, dilengkapi dengan music score yang megah buatan Hans Zimmer yang menambah kesan thrill and action di setiap adegan balapannya. Dan semua itu di-direct oleh Ron Howard tanpa ada tokoh protagonis yang absolut, digarap secara abu-abu dan punya porsinya masing-masing. Ending-nya yang luar biasa menghadirkan dialog kuat antara kedua tokoh sentralnya, sekaligus merupakan ekplanasi dan konklusi keseluruhan filmnya. This might be one of best biography retelling ever made, tanpa harus memberikan kesan serius dan membosankan, tidak terbentur segmentasi untuk pecinta film-film award contender.. Dapat dinikmati siapa pun. Itulah yang menjadikan Rush menjadi my most favorite movie of the year..



10 Film Indonesia Terbaik 2013


Tidak ada komentar:

Posting Komentar