Minggu, 01 Januari 2012

Marvel Cinematic Universe #2: The Incredible Hulk

Hulk (2003) - Ang Lee version

The Incredible Hulk (2008) - Louis Leterrier version
Sebenarnya hanya Hulk versi Louis saja yang menjadi dasar pembuatan film Avengers, tapi versi Ang Lee yang cenderung sebagai film drama berat yang membosankan justru yang lebih banyak berbicara tentang asal mula berubahnya Bruce Banner menjadi Hulk. Secara garis besar hampir tidak ada perbedaan antara versi Lee dan Louis, kecuali jalan cerita yang memang mengambil timeline yang berbeda. Untuk itu keduanya saling melengkapi satu sama lain.

The Characters
1. Bruce Banner/ Hulk
Eric Bana as Bruce Banner (Ang Lee version)

Edward Norton as Bruce Banner (Louis Leterrier version)

Mark Rufallo as Bruce Banner (Avengers version)

Bruce Banner sedang bereksperimen untuk membuat manusia kebal terhadap radiasi gamma, tetapi ketika pengujian percobaan pada dirinya sendiri, ia berubah menjadi Hulk dan dirawat di rumah sakit kekasihnya, Betty Ross. Sejak saat itu Bruce Banner menjadi buronan Angkatan Darat Amerika Serikat, Pemerintah sangat ingin untuk mendapatkan formula serum super human yang sedang dikembangkan oleh Bruce. Untuk mencegah transformasi, Banner melakukan meditasi yang ketat dan menjaga denyut nadi di tingkat stabil.

Hulk versi Louis Leterrier
Bruce adalah pelopor dalam radiasi gamma sekaligus pengembang proyek tentara super. Proyek tentara super yang dulu pernah menghasilkan Captain America, terhenti karena Dr. Abraham Erskin yang merupakan penemu serum telah meninggal dunia, begitu pula Steve Rogers sebagai hasil eksperimennya telah hilang sejak beberapa puluh tahun. Alhasil, Bruce yang "hampir" berhasil mengulang kembali formula serum tersbut menjadi buronan Angkatan Darat AS.
Hulk versi Louis Leterrier
Setelah percobaan radiasi gamma pergi kacau, ilmuwan Bruce Banner menemukan dirinya dengan kondisi aneh. Ketika marah atau diprovokasi, ia akan berubah menjadi rakasa, tak terkendali berkulit hijau dikenal sebagai Hulk. Sekarang, takut akan kerusakan yang bisa diakibatkan oleh alter egonya Hulk, Banner  memilih untuk hidup diam-diam di daerah terpencil dunia, bekerja untuk menyembuhkan orang sakit dan membantu kaum miskin ketika mencoba untuk menghindari mereka yang akan mengambil keuntungan dari kemampuannya. Direktur SHIELD Nick Fury akhirnya memutuskan untuk merekrut dia, menyadari sepenuhnya bahwa kekuatan luar biasa alter ego Banner - Hulk, akan menjadi aset yang luar biasa untuk The Avengers.
Hulk versi Ang Lee
Bruce berubah menjadi Hulk, ketika ia kehilangan kendali atas dirinya sendiri karena kemarahan atau adrenalin, stres, hormon yang merangsang denyut jantung. Total waktu transformasi hanya membutuhkan waktu detik. Transformasi Banner menjadi Hulk terjadi dengan peningkatan denyut jantung atau tingkat adrenal, menunjukkan bahwa mekanisme pemicu ke Hulk lebih cenderung psikologis daripada fisik. Ketika Hulk kembali ke transformasi Banner, massa otot menjadi besar dan energi menjadi luar biasa. Ia tidak mampu mengendalikan transformasi, tetapi melalui pelatihan dan praktek meditasi yang telah dilakukannya berhasil mencapai tingkat pengendalian.

2. Betty Ross
Liv Tyler as Betty Ross
Betty Ross adalah kekasih Bruce Banner dan putri  Jenderal Thaddeus "Thunderbolt" Ross. Setelah insiden terciptanya Hulk, Bruce dan Betty berpisah. Betty adalah seorang ahli biologi selular, yang bekerja dengan Bruce Banner untuk mencari obat untuk kondisi Bruce. Betty Ross bekerja di Culver University sebagai seorang ahli biologi seluler.


3. General Thaddeus "Thunderbolt" Ross
Jenderal Thaddeus Ross adalah pemimpin militer yang bertanggung jawab untuk mendapatkan Bruce Banner yang terlibat dalam percobaan yang menyebabkan kecelakaan yang mengubahnya menjadi Hulk. Dia terobsesi dengan menangkap Bruce Banner. Sebelumnya Jenderal Thaddeus Ross mendapat kesepakatan dengan ilmuwan Bruce Banner dan putrinya, untuk bekerja pada sebuah proyek Pemerintah untuk membuat tentara kebal terhadap radiasi Gamma (proyek yang sebelumnya sudah pernah dikembangkan oleh Dr. Erskin di Captain America).

4. Emil Blonsky/ The Abomination
Emil Blonsky adalah seorang kapten di British Royal Marinir. Setelah dipinjamkan kepada SOCOM atas permintaan Joe Greller, Blonsky disuntik dengan serum Soldier super dan menerima transfusi darah dari Bruce Banner, yang mengubah dirinya menjadi Abomination.


Emil Blonsky lahir di Rusia dan dibesarkan di Inggris, di mana ia akhirnya bergabung dengan Marinir Kerajaan dan dipromosikan menjadi pangkat kapten. Meskipun menerima track record yang luar biasa, Blonksky menolak untuk dipromosikan menjadi kolonel, mengklaim bahwa ia ingin menjadi seorang pejuang selama dia bisa.Setelah Jenderal Ross menemukan lokasi Banner, Joe Greller menyusun tim untuk menangkap Bruce, yang dipimpin oleh Emil Blonsky. Setelah pertempuran sengit di pabrik pembotolan minuman ringan di mana Banner berubah menjadi Hulk, Blonsky lolos, dan berakhir di Guatemala.
Blonsky laporan kepada Ross bahwa Banner menghindari mereka di Brazil karena penampilan rakasa hijau besar.

Blonsky menjadi sukarelawan sebagai subjek tes untuk menangkap Banner. Dia menerima dosis kecil Ray mothballed Vita serum, diciptakan oleh Dr Reinstein untuk program Weapon Plus. Dia memimpin serangan terhadap Banner di Culver University, di mana Betty tak sadarkan diri. Meskipun peningkatan kecepatan Blonsky, kekuatan dan kelincahan, Hulk menghancurkan sebagian besar tulang di tubuh Blonsky itu. Untuk menyembuhkan lukanya, Blonsky menerima dosis serum yang lebih besar ditambah dengan pengobatan sinar gamma. Sebagai hasilnya Blonsky bermutasi menjadi makhluk mengerikan - Abomination.

5. David Banner/ The Absorbing Man
David Banner adalah ayah Bruce Banner. David adalah seorang peneliti genetika yang bertujuan untuk memperbaiki kemanusiaan, bahkan rela melakukan percobaan pada dirinya sendiri; setelah istrinya, Edith Banner melahirkan Bruce, David, melihat bahwa Bruce tidak normal, hampir tidak menunjukkan emosi dan mendapatkan patch kulit hijau, merasa bahwa ia bertanggung jawab, menyadari bahwa percobaan pada dirinya sendiri telah mempengaruhi Bruce. David sengaja menghancurkan laboratorium dan membunuh Edith Banner (istrinya) karena telah melawan, pada akhirnya David ditangkap dan dimasukkan pada sebuah institusi penyakit mental.
Absorbing Man as Electricity

Absorbing Man as Rock

Absorbing Man as Water

Beberapa tahun kemudian, David dilepaskan dari rumah sakit mental dan mendapat pekerjaan sebagai petugas kebersihan di lembaga penelitian dimana Bruce bekerja di bidang yang sama seperti ayahnya.Setelah kejadian melakukan percobaan pada dirinya sendiri, David ternyata menjadi seorang mutan yang bisa menyerap wujud apa saja yang disentuhnya - Absorbing Man.

Sinar Gamma
Di komiknya Bruce Banner menjadi Hulk karena terkena ledakan Bom Gamma, setelah itu Banner bisa berubah menjadi Hulk, monster hijau besar yang kuat! Tidak ada rumus khusus dengan perhitungan akurat untuk menjadi Hulk, semua murni karena kecelakaan.

Benarkah orang yang kena radiasi Gamma dalam dosis tinggi bisa berubah menjadi Hulk ketika marah dan kembali lagi menjadi manusia ketika emosinya mulai stabil? Sebagai orang awam saya akan jawab "Tentu saja tidak! Itu semua cuma fiksi ilmiah komik!" Tetapi semua itu ada dasar ilmiahnya, misalnya Sinar Gamma, yang juga dikenal sebagai Radiasi Gamma adalah radiasi elektromagnetik frekuensi tinggi (panjang gelombang sangat pendek).

Sinar gamma (y) dihasilkan dari perusakan proses penggabungan dua inti atom energi tinggi dalam inti atom (peluruhan gamma) dan interaksi partikel energi tinggi sub-atom dalam proses alam dan mekanisme buatan manusia. Termasuk pemusnahan elektron-positron, peluruhan pion netral, fusi, fisi, sambaran petir dan kilatan sinar gamma terestrial, serta sumber astronomi di mana energi tinggi elektron dihasilkan. Elektron ini kemudian menghasilkan sinar gamma sekunder.

Dengan penjelasan di atas setidaknya ada gambaran sedikit tentang Sinar Gamma sebagai pemicu atau penyebab manusia berubah menjadi monster hijau yg kuat, itu di komik lalu dalam kenyataannya apa sih kegunaan Sinar Gamma? Jika dalam komik Incredible Hulk Sinar Gamma dijadikan bom, maka dalam realitas sehari-hari Sinar Gamma digunakan untuk kesehatan. Pada dasarnya Sinar Gamma menyebabkan luka bakar pada kulit, dan bisa menyebabkan kerusakan organ internal/radiation sickness, karena sifatnya yang bisa menembus tubuh. Efeknya lebih meningkatkan resiko kanker daripada luka bakar. Sinar Gamma sering digunakan untuk membunuh organisme yang dikenal dengan istilah irradiation. Aplikasinya untuk mensterilkan peralatan medis, membuang kerusakan yang diakibatkan oleh bakteri pada makanan, mencegah buah dan sayuran dari kecambah, serta mempertahankan kesegaran dan rasanya. Karena bisa memusnahkan sel, Sinar Gamma digunakan untuk mengobati tipe kanker tertentu. Serangkaian Sinar Gamma dipancarkan langsung pada sel yang terkena kanker untuk dimusnahkan. Prosedur ini dikenal dengan istilah Gamma-Knife Surgery (pembedahan dengan pisau gamma).

Jika Sinar Gamma mengenai molekul DNA dalam batas tertentu, sel tubuh akan memperbaiki gen yang rusak. Proses perbaikan sel berhasil setelah paparan dosis tinggi dilakukan. Sedangkan untuk paparan dosis rendah proses perbaikannya lambat. Resikonya adalah kerontokan rambut, nausea/mual, dan menyebabkan kematian tanpa perawatan medis. Jadi ingat adegan Betty yang mengkhawatirkan Bruce setelah menyelamatkan Harper dari pancaran Sinar Gamma dalam dosis tinggi di film Hulk 2003.

Being Hulk...

Di komiknya setelah terpapar Sinar Gamma Banner bisa berubah menjadi Hulk begitu saja seakan-akan efek Sinar Gamma dengan dosis tinggi bisa membuat segala sesuatu menjadi besar, kuat dan hijau. Di film, Sinar Gamma hanya sebagai pemicu dari eksperimen mutasi DNA untuk penyembuhan yang dilakukan ayah Bruce Banner pada tingkat sel. Ketika Banner marah, kumpulan emosi yang terpendam memacu DNA-nya bersatu dengan sel-sel yang telah dimutasi secara kimiawi puluhan tahun dan telah terpapar Sinar Gamma bersatu serta merubah Banner menjadi Hulk.

Begitu rumit dan memerlukan proses panjang untuk menjadi Hulk, dan tidak sembarang orang yang terpapar Sinar Gamma dengan dosis tinggi bisa jadi Hulk.Lalu setelah Banner berubah jadi Hulk kok jadi besar, hijau dan kuat? Kekuatan Hulk didasarkan pada penelitian tentang dosis adrenalin di dalam aliran darah manusia dan hewan dalam realita sebenarnya. Sebenarnya pada intro film Hulk 2003, semuanya telah dijelaskan oleh ayah Bruce Banner dengan serangkaian eksperimen yang dilakukan terhadap berbagai macam organisme. Misalnya kemampuan regenerasi bintang laut menjadi dasar kemampuan Hulk dalam menyembuhkan dirinya sendiri secara alami dan cepat.

 Mesin Gammasphere di Universitas California di Berkeley


 Mesin Gammasphere di film Hulk versi Ang Lee

Pelepasan hormon adrenalin dan noradrenalin ke dalam aliran darah menimbulkan perecepatan atau perlambatan detak jantung yang bisa membuat makhluk hidup mempunyai kemampuan lebih di luar batas normal atau dalam hal ini bisa diistilahkan dengan "hulking out". Contohnya seorang ibu yang mampu mengangkat mobil seberat 1,5 ton untuk menyelamatkan anaknya yang tertindih. Hal tersebut menjadi dasar kekuatan ketika Banner terdesak situasi genting dan melepaskan stress yang dia derita dengan menjadi Hulk! Lebay sih tapi begitu juga yang dialami manusia biasa ketika terdesak.

Hijau kenapa menjadi hijau? Penyebabnya Sinar Gamma tetapi apakah Sinar Gamma berwarna hijau dan menyebabkan benda jd berwarna hijau kalau terpapar sinar ini? Mungkin mutasi sel DNA bertahun-tahun yang telah terpapar Sinar Gamma yang dipercepat oleh pelepasan hormon adrenalin menyebabkan perubahan pigmen kulit Banner menjadi hijau. Jadi dalam hal ini warna hijau merupakan hasil reaksi kimiawi pada proses transformasi dari wujud Banner ke wujud Hulk.Yah, gak semua fiksi ilmiah sinting dalam komik bisa dijelaskan dalam kehidupan sehari-hari. Setidaknya supaya tidak terlalu ngawur, para pembuat film yang terikat realitas bisa menerjemahkan kesintingan ini supaya terlihat realistis, gak terlalu ngawur dan bisa diterima oleh akal sehat.

Weapon Plus
Weapon Plus adalah program klandestin yang tujuannya adalah untuk menciptakan Tentara Super untuk berperang di perang di masa depan. Mereka bertanggung jawab untuk penciptaan Super Soldier Serum. Nama mereka dapat dilihat pada tabung berisi serum disuntikkan ke Emil Blonsky. Program ini awalnya dirintis oleh Dr Abraham Erskine (juga dikenal sebagai Josef Reinstein) pada masa perang dunia ke II. Dalam versi komik, Weapon Plus bertanggung jawab atas Program Weapon X yang bertanggung jawab atas kerangka adamantium pada Wolverine.

Super Soldier Serum
Serum Super Soldier dikembangkan oleh Weapon Plus , dipimpin oleh Abraham Erskin selama Perang Dunia II. Serum diberikan subjek dengan peningkatan, kecepatan stamina dan kekuatan, namun serum hanya berhasil digunakan oleh sekali sebelum program berhasil dikembangkan oleh pemerintah Amerika Serikat.
Selama tahun 1930-an, Dr Abraham Erskine bekerja di sebuah universitas Jerman melakukan penelitian ke serum. Namun pada 1935, dokter Yahudi meninggalkan pekerjaannya dalam upaya untuk melarikan diri Jerman untuk menghindari HYDRA (Nazi divisi senjata khusus) pimpinan Johann Schmidt , yang mengambil minat dalam pekerjaan Erskine itu, penyadapan ilmuwan di Jerman / Swiss perbatasan pada 14 September.
5 tahun kemudian di Pegunungan Alpen Beverian, Schmidt mengambil bagian dalam tes yang melibatkan Erskine dan Super Soldier serum nya yang ternyata merubah  Schmitd ke dalam bentuk yang dikenal sebagai Red Skull. Erskine diselamatkan oleh Peggy Carter dan dibawa ke US Secret Cadangan Strategis Ilmiah sebagai bagian dari Proyek:
Kelahiran Kembali Program bersama dengan Howard Stark untuk memproduksi sendiri Super Soldier Amerika. Setelah pencarian panjang untuk subjek yang sempurna, Steve Rogers yang lemah ditemukan dan diubah menjadi spesimen manusia yang sempurna; menjadi Captain America . Namun setelah percobaan, Erskine dibunuh oleh agen HYDRA dan pengetahuan serum hilang bersamanya. Begitupula dengan Captain America sebagai hasil dari eksperimennya telah hilang selama bertahun-tahun. Program ini selanjutnya dikembangkan oleh Jenderal Thaddeus dengan merekrut ilmuwan Bruce Banner.

Hulk in various version
Kiri-kanan: Incredible Hulk 1978 (Lou Ferrigno), Hulk - 2003 (versi Ang Lee), The Incredible Hulk 2008 (versi Louis)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar